Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik

 

Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik - Artikel arsip surat yang sobat baca kali ini dengan judul Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik, semoga isi postingan Artikel Pengertian Surat Artikel Tips membuat Surat yang kami tulis ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Selamat membaca artikel tentang Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik.

Baca juga


Penulisan Surat Yang Baik
Surat yang baik adalah surat yang dapat menyampaikan pesan/gagasan penulis kepada penerima surat sama seperti yang diinginkan oleh penulis surat, tidak menimbulkan salah penafsiran, menghargai penerima surat, dan tampil dengan bentuk yang benar. Oleh sebab itu, surat yang baik haruslah memenuhi beberapa syarat, baik syarat yang berkaitan dengan bentuk, pengetikan, isi, maupun bahasa surat. Keempat hal tersebut dapat dipaparkan sebagai berikut.

Pertama, surat harus disusun dengan teknik penyusunan surat yang benar. Penyusunan letak bagain-bagian surat (bentuk surat) harus sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan. Mengingat setiap lembaga memiliki model yang telah dibakukan untuk lembaga tersebut maka penulisan model harus sesuai dengan ketentuan dari lembaga. Pemilihan model surat yang tidak berasal dari lembaga tempat bekerja dianggap salah.

Kedua, surat harus diketik secara benar. Pengetikan surat dianggap benar apabila pengetikan surat tersebut dilakukan secara cermat, bersih, rapi, dan menggunakan kertas yang sesuai dengan aturan. Cermat artinya tidak terdapat kesalahan pengetikan kata-kata yang terdapat dalam surat. Cermat juga berkaitan dengan pemilihan jenis dan ukuran huruf. Dalam surat resmi perlu dipilih jenis huruf yang menunjukkan keresmian, misalnya arial, calibri, courier, pica, roman, dan times. Bersih dalam arti tidak terdapat noda (biasanya tinta pita) atau dalam pengetikan manual tidak banyak tindasan (ditip-ex). Kertas yang digunakan adalah kertas yang memang dipersiapkan untuk surat, bukan sembarang kertas. Pemilihan warna kertas juga mendapat perhatian.

Ketiga, isi surat harus dinyatakan secara jelas, ringkas, sopan, dan eksplisit. Jelas dalam arti isi atau maksud surat dapat ditangkap secara jelas dan mudah. Surat resmi tidak perlu ditulis dengan cara yang berbelit-belit dan bertele-tele. Isi surat cukup dipaparkan secara ringkas tetapi utuh. Sopan dalam arti tidak ada hal-hal yang dapat menyakitkan hati penerima surat. Kesopanan biasanya berhubungan dengan pemilihan kata yang digunakan dalam surat. Eksplisit dalam arti bahwa isi surat harus dituangkan dengan kata-kata yang nyata. Secara garis besar isi surat dipilah menjadi tiga bagian, yaitu paragraf pembuka, paragraf isi, dan paragraf penutup. Paragraf pembuka merupakan pengantar yang mengarah pada inti surat.  Dengan pengantar ini diharapkan pembaca tidak terkejut karena penulis langsung mengarah pada isi. Paragraf isi merupakan hal yang akan disampaikan penulis kepada pembaca. Isi surat hendaknya ditulis secara jelas, singkat, dan utuh sehingga mudah dipahami dan tidak menimbulkan salah pengertian. Paragraf penutup merupakan simpulan dari paragraf isi. Sebagai simpulan, paragraf penutup berisi inti hal yang ditulis. Di samping itu, sebagai penutup paragraf ini juga mengungkapkan harapan penulis pada penerima surat dan ucapan terima kasih.

Keempat, bahasa yang digunakan dalam surat harus baik dan benar. Penggunaan bahasa dalam surat berhubungan dengan pemakaian ejaan, pemilihan kata, penyusunan kalimat, pengembangan paragraf, dan pemakaian gaya berbahasa. Kesalahan penulisan surat pada umumnya berkaitan dengan pemakaian bahasa. Kesalahan yang dimaksud meliputi kesalahan penerapan ejaan, kesalahan pemilihan kata, dan kesalahan penyusunan kalimat.

Penulis,
Abu Samman Lubis
Widyaiswara Balai Diklat Keuangan Malang.
Demikianlah Artikel Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik
Sekianlah artikel Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik dengan alamat link http://arsipsuratku.blogspot.com/2013/10/belajar-membuatmenulis-surat-yang-baik.html
Belajar Membuat/Menulis Surat Yang Baik 4.5 5 Unknown Surat yang baik adalah surat yang dapat menyampaikan pesan/gagasan penulis kepada penerima surat sama seperti yang diinginkan oleh penulis surat, tidak menimbulkan salah penafsiran, menghargai penerima surat, dan tampil dengan bentuk yang benar. Surat yang baik adalah surat yang dapat menyampaikan pesan/gagasan penulis kepada penerima surat sama seperti yang diinginkan oleh penuli...


1 comment:

  1. Sangat membantu untuk belajar tentang menulis surat...om...

    ReplyDelete